Si Pemilik Rahasia


Kisah Penuh Hikmah : Si Pemilik Rahasia

Dari sekian banyak sahabat Rasulullah SAW, Hudzaifah bin Yaman memiliki keahlian khusus. Keahlian yang tidak dimiliki sahabat-sahabat lain ini diberikan langsung oleh Rasulullah SAW. Beliau mengajari Hudzaifah suatu ilmu yang dapat mengenali orang-orang munafik beserta sifat-sifat mereka yang tersembunyi.

Suatu ketika, seorang menemui Hudzaifah,"Beberapa kali saya melihat anda mengucapkan perkataan yang belum pernah saya dengar sebelumnya, baik langsung dari Raasulullah SAW ataupun dari sahabat-sahabat yang lain."

"Sahabat-sahabat yang lain banyak bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal-hal yang baik. AKan tetapi, saya bertanya kepada beliau tentang hal-hal yang buruk. Tujuannya supaya saya tahu apabila seseorang tidak mengenali keburukan, tentulah dia tidak akan mengenali kebaikan. Adapun yang baik-baik, saya tidak terlalu khawatir tertinggal mengerjakannya sepanjang saya mengetahui hal-hal yang buruk,"papar Hudzaifah.

Demikian cara berfikir sahabat Rasulullah SAW yang bernama Hudzaifah bin Yaman. Tidak mengherankan apabila Hudzaifah mendapat julukan Ashhabus Sirri. Julukan itu diberikan karena Hudzaifah memiliki kemampuan mengenali rahasia batin seseorang, termasuk rahasia orang-orang munafik. Umar misalnya, tidak mau menyalatkan jenajah seseorang apabila Hudzaifah tidak menyalatkan jenajah tersebut.

Sumber : Buku "Like Father Like Son" Penulis Mohamad Zaka Al Farisi

0 Response to "Si Pemilik Rahasia"

Posting Komentar