Apa Psikologi Pendidikan itu?


Apa Psikologi Pendidikan itu?

Telah diuraikan sebelumnya tentang pengertian psokologi, obyek psikologi dan macam-macamnya, serta hubungannya psikologi dengan ilmu-ilmu yang lain, sehingga kita ketahui bahwa betapa luas cakupan psikologi itu, yang meliputi hampir semua aspek kepribadian dan tingkah laku manusia. Dengan demikian ternyata pula betapa erat hubungan antara psikologi dan ilmu-ilmu yang lain, terutama ilmu sosiologi yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan manusia.


Selama kita masih berpendapat bahwa psikologi adalah ilmu yang berusaha menyelidiki semua aspek kepribadian dan tingkah laku manusia, baik yang bersifat jasmani ataupun rohani, baik secara toritis maupun dengan melihat kegunaannya didalam praktek, baik secara individual maupun dalam hubungannya dengan manusia lain atau lingkungannya, mungkin kita akan mengatakan bahwa "Psikologi Pendidikan" itu sebenarnya sudah termasuk didalam psikologi dan tidak perlu dipersoalkan atau dipisahkan menjadi suatu disiplin ilmu tersendiri. Andaipun akan menghubungkan psikologi itu dengan berbagai kebutuhan praktek kehidupan manusia, mungkin akan lebih tepat jika kita mengatakan :'psikologi dalam hubungannya dengan pendidikan', atau kegunaan 'psikologi dalam pendidikan', 'kegunaan psikologi bagi industri', 'psikologi tentang anak-anak abnormal', 'Psikologi dalam hubungannya dengan pengelolaan' dan sebagainya. Dengan demikian kita tidak akan mengatakan : Psikologi Pendidikan, psikologi Industri, Psikologi Abnormal, ataupun psikologi Manajemen seperti yang kita lihat dalam berbagai judul buku yang menunjukkan berbagai cabang dari psikologi. 

Crow & crow menyatakan bahwa psikologi pendidikan merupakan suatu ilmu yang berusaha menjelaskan masalah-masalah belajar yang dialami individu dari sejak lahir sampai usia lanjut, terutama yang menyangkut kondisi-kondisi yang mempengaruhi belajar. 

Para ahli mengemukakan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. Seperti dikemukakan oleh pintner dan kawan-kawannya. 

Dari kutipan diatas kiranya menjadi jelas bagi kita, apa yang dimaksud dengan psikologi pendidikan dan ruang lingkup (scope) apa yang menjadi bidang garapan psikologi pendidikan.

0 Response to "Apa Psikologi Pendidikan itu?"

Posting Komentar