Pengertian Psikologi


Menurut arti kata psikologi sering diterjemahkan menjadi ilmu jiwa. Yakni dari kata Psyche yang berarti jiwa atau roh dan logos yang berarti ilmu. Sebenarnya terjemahan tersebut kurang tepat, karena bertitik tolak dari pandangan dualisme manusia, yang menganggap bahwa manusia itu terdiri dari dua bagian jasmani dan rohani.

Seolah-olah kalai kita mendengar kata "ilmu Jiwa", maka terbayang pada kita bahwa yang dipelajari oleh ilmu itu ialah sesuatu yang tidak kelihatan, yang abstrak, yang berada didalam diri manusia atau makhluk hidup yang lain. Segala sesuatu yang kelihatan, yang bersifat jasmaniah pada diri manusia tidak menjadi persoalan.


Pandangan atau bayangan yang demikian adalah tidak benar, keliru, psikologi adalah ilmu yang ingin mempelajari manusia. Manusia sebagai suatu kesatuan yang bulat antara jasmani dan rohani. Manusia sebagai individu. R.S. Woodworth memberi batasan tentang psikologi sebagai berikut : "Psychology can be defined as the scince of the activities of the individual"

Apa yang hendak diselidiki oleh psikologi ialah segala sesuatu yang dapat memberikan jawaban tentang apa sebenarnya manusia itu, mengapa ia berbuat/berlaku demikian, apa yang mendorongnya berbuat demikian, apa maksud dan tujuannya ia berbuat demikian. Dengan singkat dapat kita katakan bahwa psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tentu saja kata tingkah laku disini harus diartikan secara luas.

Yang dimaksud tingkah laku disini adalah segala kegiatan/tindakan/perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun yang tidak disadarinya. Termasuk didalamnya : cara ia berbicara, berjalan, berfikir/mengambil keputusan, cara ia melakukan sesuatu, caranya bereaksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya, maupun dari dalam dirinya. Dengan kata lainL bagaimana cara manusia itu/seseorang berintegrasi dengan dunia luar, seperti dikatakan oleh Woodwort : "Psychology studies the individual's activities in relation to environment."

Crow & crow memberi batasan tentang psikologi sebagai berikut : "Psychology is the study of human behavior and human relationship". Dari batasan tersebut jelas bahwa yang dipelajari oleh psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia (hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya). Kiranya perlu juga diingat bahwa psikologi tidak hanya berhubungan dengan tingkah laku manusia saja. Ahli-ahli psikologi menyelidiki pula tingkah laku hewan seperti : simpanse, anjing , tikus, serangga dan lain-lain. Penyelidikan-penyelidikan terhadap hewan itu dilakukan dalam hubungan penyelidikan tingkah laku pada manusia.

Batasan yang diberikan Sertain berikut ini kiranya yang mudah dimengerti : "Psychology is the scientific study of the behavior of living organism, with especial attention given to human behavior ".(Terjemahan Bebas : Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

0 Response to "Pengertian Psikologi"

Posting Komentar