Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan


Mengingat bahwa psikologi pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip da teknik-teknik psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat hubungannya dengan pendidikan

Disamping apa yang telah dikemukakan Pintner, Crow & crow secara eksplisit mengemukakan psikologi pendidikan sebagai ilmu terapan (applied scince) berusaha untuk menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah.


Sesuai dengan pendapatnya itu, Crow & Crow mengemukakan bahwa data yang dicoba didapatkan oleh psikologi pendidikan yang dengan demikian merupakan ruang lingkup psikologi pendidikan antara lain :

  1. Sampai sejauhmana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar;
  2. Sifat-sifat proses belajar;
  3. Hubungan antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar (learning readiness);
  4. Signifikasi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar;
  5. Perubahan-perubahan jiwa (inner changes) yang terjadi selama dalam belajar;
  6. Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan haasil belajar;
  7. Teknik-teknik yang sangat efektif bagi penilaian kemajuan dalam belajar;
  8. Pengaruh/akibat relatif dari pendidikan formal dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman belajar yang insidental dan informal terhadap suatu individu;
  9. Nilai/manfaat sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi para personil sekolah;
  10. Akibat/pengaruh psikologi (psychological impact) yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi sosiologis terhadap sikap pra sikap.
Untuk memperkaya pandangan kita tentang ruang lingkup psikologi pendidikan, berikut ini kami kemukakan apa yang diuraikan oleh Good and Brophy dalam bukunya yang berjudul "Educational Psychology, A Realistic Approach" (1977), yang menurut pendapat kami lebih up to date sesuai dengan perkembangan pendidikan dan pengajaran dewasa ini, ia menguraikan dalam bukunya secara populer berdasakna hasil-hasil penelitian dari berbagai ahli, dan disertai pula contoh-contoh yang diambil dari praktek kehidupan di sekolah.

0 Response to "Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan"

Posting Komentar